PENGERTIAN ATAU DEFINISI MOTIVASI


     Menurut Winardi (2002) motivasi merupakan suatu kekuatan potensial dalam diri seorang manusia, yang dapat dikembangkannya sendiri, atau oleh sejumlah kekuatan luar yang pada intinya berkisar sekitar imbalan moneter, dan imbalan non moneter, yang dapat mempengaruhi hasil kinerjanya secara positif atau secara negatif, hal mana tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang yang bersangkutan. Sementara itu motivasi merupakan hasil sejumlah proses, yang bersifat internal, atau eksternal bagi seseorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

    Menurut Robbins (2003 : 208),  motivasi dapat didefinisikan sebagai satu proses yang menghasilkan suatu intensitas, arah, dan ketekunan individual dalam usaha untuk mencapai satu tujuan  Intensitas menyangkut seberapa kerasnya orang berusaha di mana intensitas yang tinggi tidak akan membawakan hasil yang diinginkan kecuali kalau upaya itu diarahkan ke suatu tujuan yang menguntungkan organisasi. Ketekunan adalah tentang berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya. Individu-individu yang termotivasi tetap bertahan cukup lama untuk mencapai tujuannya, dengan demikian motivasi merupakan pilihan sukarela yang dikendalikan oleh diri karyawan itu sendiri. Motivasi dapat dikatakan bahwa merupakan kemauan karyawan untuk melakukan usaha yang tinggi dalam mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi kebutuhan karyawan itu sendiri.

     Hasibuan (2007) mengatakan bahwa  motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai tujuan. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mendorong gairah kerja bawahan, agar mereka mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan ketrampilannya untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Pada dasarnya perusahaan bukan saja mengharapkan karyawan yang mampu, cakap, dan terampil tetapi yang terpenting mereka mau bekerja giat dan berkeinginan untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kemampuan, kecakapan, dan bekerja keras dengan mempergunakan kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan karyawan tidak ada artinya bagi perusahaan jika mereka tidak mau bekerja keras untuk mempergunakannya.

     Mamduh (1997 : 338), mengatakan bahwa  motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak atau berperilaku tertentu. Motivasi merupakan sesuatu yang ada di dalam diri seseorang dan tidak nampak dari luar, motivasi akan kelihatan melalui perilaku seseorang yang dapat dilihat. Motivasi dapat efektif (Armstrong, 1988 :.69) apabila:

  1. Memahami proses motivasi, model kebutuhan, sasaran tindakan dan pengaruh pengalaman dan harapan
  2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi, pola kebutuhan yang mendorong ke arah sasaran dan keadaan dimana kebutuhan tersebut ke arah sasaran dan keadaan dimana kebutuhan tersebut terpenuhi atau tidak terpenuhi
  3. Mengetahui bahwa motivasi tidak dapat dicapai hanya dengan menciptakan perasaan puas, karena banyak perasaan puas dapat menimbulkan rasa cepat berpuas diri dan kelambanan.
  4. Memahami bahwa di samping semua faktor di atas ada hubungan yang kompleks antara motivasi dan prestasi kerja.

   Memotivasi karyawan sangat penting dilakukan dalam suatu perusahaan, namun pemotivasian ini sangat sulit untuk dilakukan karena perusahaan perlu mengetahui kebutuhan yang diperlukan karyawan dari hasil pekerjaannya itu. Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memahami apa saja yang menjadi kebutuhan-kebutuhan karyawan. Hal ini penting karena dengan adanya pemahaman perusahaan akan kebutuhan yang diperlukan oleh karyawan, dapat membentuk timbulnya motivasi dalam diri karyawan untuk bekerja dengan maksimal (semacam hubungan timbal balik).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s